Segenap Redaksi Jafek Mengundang teman-teman alumi FE UNS untuk menjadi kontributor Jafek online, dengan cara mengirimkan alamat email ke jafekuns@gmail.com, atau mengisikannya ;ewat kolom comment di blog ini....Salam Sukses

Wednesday, May 9, 2007

Dinamika Kapmus

HASIL TRACE STUDY 2007
Saran Alumni
(disarikan oleh: Sutomo dan Bhimo)

Berdasarkan hasil Trace Study 2007, bersumber pada form penelusuran alumni yang diterima melalui surat dan E-mail, selengkapnya dapat diketahui beberapa hal tentang saran dan masukkan dari alumni. Identifikasi semua saran yang masuk tersebut, dapat dikelompokkan menjadi empat kriteria saran, yaitu :
• Berhubungan dengan proses belajar mengajar (PBM)
• Berhubungan dengan sarana dan prasarana kampus
• Berhubungan dengan bidang kemahasiswaan, alumni dan kehumasan
• Lain-lain yang relevan

a. Proses Belajar Mengajar
Pada dasarnya, para alumni memberikan saran yang tertuju pada proses PBM diantaranya adalah :
• Perubahan kurikulum sesuai kebutuhan pasar
• Studi lanjut para dosen perlu segera dilaksanakan
• Perlu pemagangan agar mahasiswa setelah lulus mempunyai pengetahuan luas
• Adakan kuliah dengan dosen tamu agar terjadi transfer pengetahuan
• Materi kuliah untuk matakuliah lanjutan jangan text book orientasi tetapi perlu adanya aplikatif
• Perlu membekali mahasiswa dengan kemampuan moral maupun verbal yang bagus
Khusus dari alumni yang bekerja di Bank Indonesia dan Bank Pemerintah, disamping saran tersebut, mereka lebih fokus lagi pada :
• Kemungkinan menjalin afiliasi dengan perguruan tinggi luar negeri ternama, buka kelas internasional, perbanyak praktisi perbankan memberikan kuliah (Alumni EP sudah banyak yang sekarang punya posisi strategis di perbankan dan pemerintahan undang dan libatkan !)
• Perlu matakuliah : kebanksentralan dan studi ekonomi Islam
• Perbanyak publikasi jurnal ilmiah
• Dosen hendaknya banyak melakukan penelitian berkualitas dan sering menulis artikel.
Dari alumni yang saat ini menjadi staf pengajar memberikan saran agar dibuat standar minimal Proses Belajar Mengajar menurut sistem SKS : tatap muka, terstruktur dan mandiri serta semua stakeholder hendaknya menjalankan tugas secara sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab.
Selengkapnya saran alumni yang berhubungan dengan PBM dapat dilihat pada tabel saran alumni, tabel.

b. Sarana dan Prasarana Pendukung
Sebagian alumni memberikan saran bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja jurusan, maka diperlukan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung :
• Prasarana untuk komunikasi dengan komunitas luar kampus termasuk alumni, buat website dan selalu perbarui datanya, fungsikan E-mail jurusan maupun individu staf pengajar untuk menjalin kerjasama umpan balik pendidikan dan pembelajaran.
• Kantor kesekretariatan alumni perlu diadakan dan didukung oleh sumber daya manusia yang memadai, dengan tujuan meningkatkan komunikasi maupun umpan balik informasi dengan para alumni.

c. Kemahasiswaan, Alumni dan Kehumasan
Bagi alumni FE jurusan EP/IESP, mohon adanya hubungan atau informasi antar sesama alumni dan bagi alumni yang sudah bekerja, dimohon dapat memberikan informasi tentang pekerjaan di instansi/perusahaan kepada para alumni yang masih nganggur/belum bekerja. Fasilitas komunikasi (terutama email) lebih disosialisasikan dan perlu updating nama-nama alumni jurusan EP/IESP. Dimungkinkan Jurusan EP mempunyai website sendiri agar memudahkan para alumni dalam mencari informasi. Segala informasi bisa disampaikan melalui email atau no. HP yang sudah ada. Ikatan alumni harus lebih aktif dalam ikut mengembangkan kegiatan kampus, sering diadakan temu alumni dan mahasiswa guna membangun image dan umpan balik serta transfer pengetahuan, agar tidak terjadi image negatif pada almamater, dan silau pada keberadaan perguruan tinggi lain di luar kampus sendiri. Dalam jangka pendek, perlu diintensifkan peran silaturahmi para alumni melalui keberadaan Buletin Jaringan Alumni Fakultas Ekonomi UNS (Email : buletinJafek@Yahoo.com ) sebagai embrio sarana komunikasi jangka panjang.

d. Lain-Lain
Berdasarkan saran yang masuk dari berbagai angkatan, selain yang telah disebutkan diatas, ada permintaan bahwa guna mewadahi semua kepentingan yang berhubungan keberadaan alumni maka sangat diperlukan adanya Forum Bersama Alumni dalam bentuk rapat akbar alumni, temu alumni maupun sarasehan bersama alumni.
Dari forum bersama tersebut dapat diharapkan muncul pemikiran baru, atau saran pertimbangan guna mewujudkan kebersamaan diantara alumni Ekonomi Pembangunan dalam wadah yang dapat dipakai sebagai ajang silaturahmi, guna membangun komitment sebagai putra almamater yang penuh tanggungjawab dan selalu menjunjung tinggi kebesaran nama almamaternya.


0 Comments:

Post a Comment