Segenap Redaksi Jafek Mengundang teman-teman alumi FE UNS untuk menjadi kontributor Jafek online, dengan cara mengirimkan alamat email ke jafekuns@gmail.com, atau mengisikannya ;ewat kolom comment di blog ini....Salam Sukses

Tuesday, November 24, 2009

Info Kampus

Melalui Pembantu Dekan I FE UNS Bapak Sutomo, Redaksi dapat menurunkan berita kampus yang diringkas sbb:

1. Seminar Rutin Jurusan Ekonomi Pembangunan

Rabu tanggal 9 September 2009 bertempat di ruang sidang 2 FE UNS diadakan seminar rutin bulanan Jurusan EP. Presentasi diberikan oleh : Dra. Yunastiti Purwaningsih, MP. Topik utama yang dijadikan bahan kajian adalah : Analisis Ketahanan Pangan dan permintaan Pangan Rumah Tangga di Propinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2009 ( Kajian Disertasi S3 PPS UGM). Hadir pada acara tersebut adalah dosen Jurusan, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Alumni dan Purna Tugas dosen.

Topik tersebut dijadikan bahan kajian karena dewasa ini pangan sudah masuk ke isu global utama setelah energi minyak yang dahulu pernah mendominasi opini dunia. Kelangkaan pangan akan mempunyai dampak besar pada tata kehidupan manusia, maka perolehan pangan, akses pangan, ketersediaan pangan, harga pangan, pola konsumsi pangan hingga distribusi pangan kian menjadi isu terkini dan mendunia.

Tehnik analisis ketahanan pangan rumah tangga : regresi berganda model estimasi permintaan pangan : Ordered Probit, Linier Agregate (LA) / The Almost Ideal Demand System(AIDS), penyelesaian model menggunakan : Seemingly Unrelated Regresions (SUR), Eviews system. Model tersebut mendapat tanggapan beragam dari masukan guna kelengkapan analisis hingga estimasi terhadap banyaknya variabel penelitian, karena lebih dari 7000 responden yang menjadi sampel relatif besar sebagai hasil kajian disertasi kelak. Semoga Sukses dan lancar dalam menjalani studi !!. (Yst).


2. Budaya kerja Rektor
Senin 14 September 2009 Rektor UNS Prof Syamsulhadi, Para Pembantu Rektor : Prof Rafik Karsidi, Adi Sulistyo, Dwi Tyanto serta Kepala Humas Widodo Muktyo berkunjung ke Fakultas Ekonomi UNS dalam rangka sosialisasi 10 budaya kerja UNS kepada para seluruh dosen dan karyawan.

Acara berlangsung sejak jam 9.30-11.00, diawali paparan Dekan FE UNS Prof Bambang Sutopo tentang capaian terkini FE UNS diantaranya sudah dipublikasikan di media Jafek beberapa waktu lalu. Selanjutnya, Rektor menyampaikan makalahnya dengan menekankan agar seluruh komponen fakultas agar kerja keras, cepat, cerdas, cermat, tangkas , tepat waktu dan team work selalu dijaga. Hal ini ditekankan karena untuk menuju UNS berkelas dunia seperti halnya telah masuknya ranking 1617 tingkat dunia versi webomatric, 39 di asia Tenggara, 4 besar PTN di Indonesia serta urutan 171 dari 200 PT besar di Asia versi THES, tentunya harus lebih kerja keras lagi agar meningkat rankingnya.

Selanjutnya, rektor juga menekankan bahwa tugas utama dosen adalah mengajar, menilai, membimbing, meneliti dan mengabdi demi kepentingan lembaga , terutama untuk mahasiswa nantinya bisa memperoleh ilmu yang banyak , lulus tepat watu, indeks prestasi bagus dan masa tunggu kerjanya singkat. Karya ilmiah para dosen banyak disitasi oleh masyarakat dunia, temuan-temuan ilmiah diharapkan dapat dipatenkan dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat manusia.

Terjadi umpan balik antara staf pengajar dengan pihak rektorat terhadap semua masalah, cara menangani dan cara pandang tidak semata kepada orientasi materi atau sumberdana saja, tetapi diharapkan pendekatan akademik atau keilmuan yang lebih ditonjolkan, saat rektor menepis pemikiran salahsatu dosen FE UNS yang merisaukan seandainya suatu saat program s1 transfer swadana dan Diploma 3 ditutup. Diperlukan cara lain untuk mengatasi kemungkinan pendanaan melalui perencanaan yang lebih elegan dan segera akan ditindaklanjuti dalam penyusunan rengis maupun progja mendatang.


0 Comments:

Post a Comment