Segenap Redaksi Jafek Mengundang teman-teman alumi FE UNS untuk menjadi kontributor Jafek online, dengan cara mengirimkan alamat email ke jafekuns@gmail.com, atau mengisikannya ;ewat kolom comment di blog ini....Salam Sukses

Sunday, February 7, 2010

Tokoh 2010

DR Yudi Prasetyo Djojokusumo
Dari Professional menjadi Entrepreneur & Pendidik

Buletin Jafek Volume 4.2 edisi Januari 2010 menokohkan salah satu alumni terbaiknya yang beken paling tidak bagi angkatan 1980 yaitu DR Yudi Prasetyo. Tidak begitu jelas nama keluarga Djojokusumo belakangan setelah lulus nempel di nama beken Yudi (maaf- dahulu waktu kuliah sepertinya tidak ada yang mengetahuinya). Yudi begitu panggilan akrabnya, setelah lulus dari SMAN 5 Surabaya 1980 merantau & masuk bangku perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas 11 Maret Surakarta. Di pertengahan 1980, Yudi memang menginginkan aktifitas di kampus dapat berjalan kaya warna. Oleh karena itu keseimbangan antara dunia ilmu, seni dan organisasi dijaganya agar dapat berjalan seiring dan membawa manfaat bagi pengembangan characternya. Yudi menyelesaikan pendidikannya di UNS 11 Maret bulan Mei th 1985, dan segera meniti karir di Jakarta, sebagai professional di bidang finance.



Berbagai perusahaan besar pernah dijajaginya untuk berkarir, antara lain Unilever, Barijambek & Co, PT. Atlanta Arupadatu (Konsultan Bulog), Partner dan pimpinan Djaka Surarso & Co. Public Accontant, Tax dan management, Partner “Remy & Darus” Konsultan Hukum dan Bisnis, Direktur PT. Yudi Prameswari dan Direktur MONAS KONSULTAN (sampai dengan sekarang) . Dari aktifitasnya yang tinggi sebagai professional itulah, Yudi mulai mengenal aktifitas organisasi pengusaha (Kadin Indonesia), dan pada tahun 1988 s/d 1992 Yudi berkesempatan berangkat ke Amerika untuk mempertajam skill nya bidang Finance di North Carolina State University (S2) dan tahun 2001 di Universitas yang sama menyelesaikan S3 di bidang Human Resources Department -HRD.

Pujavascript:void(0)lang ke Indonesia di awal 1992, Yudi memutuskan untuk beralih sebagai Pengusaha. Pengalaman sebagai professional, dan networking yang dibangunnya sejak masih di Amerika digunakannya sebagai modal dasar aktifitasnya di dunia usaha. Dibentuklah MONAS Konsultan & PT Yudi Prameswari, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang general trading dan export/import . Pada tahun 2004 Yudi melirik ke aktifitas politik diwujudkan sebagai Balon DPD dan Caleg DPRD DKI Jakarta.

Yudi lahir di Surabaya 9 Oktober 1960, pada pertengahan 1990, Yudi menikah dengan RA Sumarah Hartati Kusumastuti, atau lebih dikenal sebagai Ira Fisipol, atau Ira yang menjadi tetangga kampus, karena berkuliah di Fisipol UNS 11 Maret, angkatan tahun 1982. Dari perkawinan ini, mereka di karunia 4 anak :
1. Ajeng Cita Prameswari Dj, saat ini kuliah di Trisakti , Jakarta
2. Erick Manggala Dj, kuliah di Atmajaya, Jakarta
3. Andre Prakoso Dj, Klas II SMAN 61 Jakarta Timur dan
4. Chaya Edita Anggraeni Dj, Klas II SDSN 03 pagi Pondok Kelapa Jakarta Timur.

Berbagai pendidikan informal yang pernah diikuti Yudi antara lain:
• Negotiation To Win di AMA (American Management Association)- New York tahun 1989
• Internatioanal Trading di AMA (American Management Association)-New York tahun 1990
• BPC Human Resource Development Program (PASE) – AOTS, Osaka – Tokyo Japan tahun 1997
• Lokakarya Restrkturisasi Kredit, Institut Banking Indonesia (IBI) -2000
• Regional Autonomy & Business Potential, Depdagri – 2001
• Work Shop on Improving Basic Education in Indonesia – Through Future Search Conference by UNICEF - 2003
• West Java Institutional Development Project – Indonesia Australia Partner Ship for Skill Development (IAPSD) AUSAID - 2004


Selain aktif sebagai Pengusaha, Yudi mulai aktif juga di organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kota Jakarta Timur. Selama 2 periode berturut-turut jabatan sebagai Ketua Umum Kadin Kota Jakarta Timur, dipegangnya dengan prestasi yang dapat dibanggakan:
o Mendapatkan Penghargaan The Best Executive Award.
o Business Indonesian Award th 2002
o The Best Dressed Man th 2001
Aktifitas lain yang saat ini meramaikan hari-hari ayah 4 anak ini adalah Dunia Pendidikan, selain sebagai Lektor STIMA IMMI & Dosen Lepas di berbagai Universitas Swasta, Yudi juga merupakan Ketua GNOTA untuk Jakarta Timur, anggota Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dikmenti Jakarta, dan Pembicara di berbagai Seminar.

Hobby seni musiknya kini menurun ke anak-anaknya yang aktif mempunyai Band masing-masing (laki) dan Balet serta menyanyi (cewek), yang laki-laki sering mengisi ke berbagai pentas seni di berbagai sekolah, sedangkan yang cewek sering melakukan pentas di gedung kesenian jakarta dan berbagai acara di mall atau perlombaan balet.

Yudi tinggal bersama dengan keluarga di Jl. Lidi A19/14 Kav DKI Pondok Kelapa Jaktim. Ketika dikonfirmasi melalui Hp 0817720013 untuk melengkapi data yang diburu rekan Oon Nusihono di Jakarta sekaligus minta masukan untuk Buletin Jafek, Yudi memberikan masukan antara lain: Pertama dari sisi alokasi pembiayaan, menurutnya sebaiknya ada iuran rutin anggota, yang bisa digunakan untuk operasional kegiatan. Iuran tersebut diupayakan tidak memberatkan anggota, namun harus ada kedisiplinan untuk penyetorannya dan transparansi dalam pengelolaannya. Misalnya ditetapkan setiap hari 1,000,-, jadi sebulan 30,000,- setahun 365,000,- apabila mau dibulatkan, bisa saja sebulan 50,000,- dan setahun 400,000,-. Anggota diberi kebebasan untuk metode pembayaran, mau bulanan atau tahunan. No rekening untuk setoran di tetapkan dan laporan pertumbuhan iuran disampaikan ke anggota melalui majalah jafek setiap awal bulan untuk bulan sebelumnya yang telah berjalan. Disamping itu ada pembiayaan khusus untuk kegiatan tertentu yang memerlukan tambahan biaya yang sifatnya sukarela. SUSU TANTE, Sumbangan Sukarela Tanpa Tekanan. Misalnya diputuskan ada Reuni Temu Kangen, biaya yang diperlukan per pax 200,000,-, informasi di sampaikan ke anggota, apabila ada anggota yang mengirimkan Susu Tante 1,000,000,- padahal rencana datang sendiri saja, atau bahkan ada donatur membantu 5,000,000,- monggo kemawon.

Kedua dari sisi Komunikasi:
• Mengaktifkan Blog, sebagai majalah virtual yang mudah diakses oleh semua anggota. Selain berisi informasi terkini tentang anggota yang berhasil di deteksi juga memberi kesempatan pada anggota untuk mengirimkan artikel yang menarik sesuai bidang keahlian masing-masing.
 Mengaktifkan milis sebagai alat komunikasi instant untuk semua anggota. Berita duka, berita pernikahan, berita kelahiran (putra/putri atau cucu) atau sekedar courtesy message (kabar kangen kangenan) monggo saja.
 Majalah Jafek, mungkin penampilan bisa dibuat lebih ”popular” dengan bahasa dan tampilan photo-photo sesuai artikel, yang lebih santai, sehingga tidak terasa kaku dan formal.
 Up dating data base selalu aktif dan secara periodik, misalnya semi annually total database di ulang di muat kembali baik di Buletin Jafek maupun di Blog.

Tentu saja Tim Redaksi mengucapkan terima kasih atas semua masukan Pak Yudi sebagai penutup wawancara kami.


2 Comments:

cara-blog said...

mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis

Francisca Chester said...

DR. Yudi Prasetyo angkatan 80, pribadi yang menarik enthengan. Dua periode menjabat Ketua Kadin Jaktim. Kemarin temu reuni dang DR. Wimboh FE 77 di BI dng pak Dekan FE UNS Wisnu serta Rombongan. Cukup kondusif, mengenai penelitian yang digagas FE UNS dan Litbang BI..Moga sukses...

Post a Comment