Segenap Redaksi Jafek Mengundang teman-teman alumi FE UNS untuk menjadi kontributor Jafek online, dengan cara mengirimkan alamat email ke jafekuns@gmail.com, atau mengisikannya ;ewat kolom comment di blog ini....Salam Sukses

Sunday, December 9, 2007

Profil Alumnii FE 78



Dra. Francisca Sestri G, MM

Melalui rekan anggota redaksi yang domisili di Jakarta, Buletin Jafek pada terbitan Vol 2 nomor 1 edisi Oktober 2007 menampilkan tokoh eksekutif yang kaya pengalaman dalam bidang manajemen yaitu Dra. Francisca Sestri G, MM atau lebih akrab dipanggil Genuk. Genuk lahir di Boyolali, 8 Agustus 1959. Visi “Mencapai hidup abadi” dan misi “Menjadi sinar bagi sesama”,juga memiliki hobi membaca buku & artikel politik, koleksi parfum laki-laki, dan ballroom. Sejak kecil dididik untuk suatu kejujuran dan kerja keras, melakukan pekerjaan dengan baik berarti menjalankan ibadah.


Genuk menikah dengan Dipl.-Ing Chester Wiradja lulusan Teknik Elektro Jerman, dan memiliki 2 putri yaitu Sadia Intani kelas 3 SMA Tarakanita I Jakarta dan Asika Meryl. Kelas VI SDK IV BPK Penabur Jakarta.
Alamat : Pondok Kelapa Permai Blok AE 12 no 4-5 Jakarta Timur. Telp 021 8641682, Fax. 021 8641840, email sestri@mustika-ratu.co.id dan sestri_g@yahoo.com.


Pengalaman Kerja dimulai Pada tahun 1984-1986 bekerja sebagai staf bagian kredit di Bank Bumi Arta Indonesia Semarang, kemudian Penulis mencari pengalaman di Jakarta. Mulai tahun 1986-1987 sebagai Asisten Manajer PT. Fumara Kirana Indonesia, bergerak di bidang Garmen, dibawah General Manajer Achmad Sumargono yang sekarang menjadi politisi Partai Bulan Bintang. Diterima di PT. Mustika Ratu tahun 1987-1991 sebagai supervisor Finance Controller, meliputi bidang Cost Accounting, EDP dan Cash Bank.Untuk menambah wawasan penulis diterima di PT. Aditek Pratesis, salah satu anak perusahaan PT. Gunung Sewu Kencana, sebagai Asisten Manajer Finance & Administration, mendapatkan penghargaan Controller Award dari CEO pada tahun 1991-1994. Ia Dipanggil kembali oleh PT. Mustika Ratu sebagai Corporate Audit Manager 1994-1996, dan menjadi sekretaris umum tim Go Public, kemudian mutasi, pada tahun 1996-2001 menjadi Treasury Manager, menjadi Senior Purchasing Manager pada tahun 2001-sekarang, pada tahun 2004 -sekarang merangkap sebagai General Manager Finance.

Kegiatan keorganisasian antara lain Aktif sebagai bendahara umum Iluni Pasca Sarjana Universitas Borobudur tahun 2006-sekarang, Pengurus IAFES (Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi UNS) tahun 2001-sekarang, Bendahara Yayasan Putri Indonesia tahun 2004-sekarang, sebagai Tenaga Ahli asosiasi Perkosmi (Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia) dan Sekretaris II GP. Jamu (Gabungan Pengusaha Obat Traditional dan Jamu) tahun 2007. Masuk buku “Top Executive Of The Year tahun 2001, pernah menjadi Wakil sekjen bidang ekonomi Kopebang pimpinan Ricky Sutanto 2007, menjadi sekretaris dan inisiator terbentuknya Aliansi 9 Asosiasi Perusahaan Swasta Nasional
(AP3MI,APGAI,APPSI,APROGAKOB,ASRIM,GABEL,GAPMMI,NAMPA dan PERKOSMI), tahun 2006-sekarang Simpatisan Forum Kebersamaan Penanggulangan Bencana Negara (FKPBN) yang dideklarasikan tahun 2007.

Di Aliansi : saat ini masih berjuang untuk Perpres Pasar Modern dan Tradisional, yang masih ada di meja Presiden, cukup melelahkan selama 2 tahun dari rapat dengan Komisi VI DPR RI dan jajarannya, Kadin, Aprindo, Mendag, Menindustri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. Menko Perekonomian dan Ketua MK tentang UU Perpasaran.
Perkosmi :Secara terpisah sehubungan dengan diberlakukanya Harmonisasi Asean ,memberi masukan kepada Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning dalam penyusunan UU Kesehatan yang menyangkut industri farmasi dan Obat Tradisional.
DP Jamu :Rapat Kerja dengan Menristek Kusmayanto Kadisman, dalam memperjuangkan 5 tanaman berkasiat, agar dapat di patenkan oleh Negara Republik Indonesia, sebagai kekayaan tanaman nasional yang melibatkan BPPT, UKM dan Pertanian.
Dewan Rempah : bersama bapak Adi Sasono untuk memikirkan dan mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang rempah-rempah antara lain: Vanili, Cengkeh, Tanaman hortikultura dan lain-lain sebelum ditiru dan tergilas oleh arus globalisasi.


Pendidikan Sarjana S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Perusahaan, angakatan tahun 1978 Universitas Sebelas Maret diraih pada tahun 1984, Pasca sarjana S2 Magister Manajemen bidang Marketing Universitas Borobudur Jakarta tahun 2002-2004.

Ketika diminta mengutarakan Kesan selama kuliah S1 di FE UNS katanya, pada acara malam inagurasi mahasiswa baru angkatan 78, antara lain: Saya, Isis, Hartuning, Ambar Sulistyowati, Anna dan Ismundarti ikut peragaan busana batik. Acara ini disponsori Batik Semar, diselenggarakan di Gedung Pertemuan Bathari, Jl. Slamet Riyadi. Kadang merasa geli di make up salon Coyudan, gratis lagi sudah seperti penari panggung, di paksa panitia yaitu Dewati Karsono

Sangat menyenangkan ketika saya sebagai tentor Mata kuliah Matematika biasa diselenggarakan di tempat Tini Dagen atau Johny kebetulan dekat Kampus waktu itu masih di Mesen, banyak teman yang bergabung antara lain : Johny Sudarmono, Hartuning Sagita Dewi, Hairuddin Patompo, Tini, Isis, Rudy Widodo, Hermin dll. Setelah belajar biasanya ngumpul rujakan di tempat Isis jl. Tarakan Banjarsari atau di Rumah Rudy Widodo di dekat terminal bus waktu itu.Yang jelas kami-kami sangat menikmati kebersamaan dan kekompakan tersebut.

Karya terbarunya mbak Genuk adalah menulis buku: Kanti Redjeki - Pengabdian Tenaga Medis 1923-1976. Bedah Buku dan Peluncurannya di Graha Mustika Ratu Jakarta 10 Sepember 2007: Pembedah : Krisnina Akbar Tanjung Msi : Tokoh Perempuan dan Pemerhati Budaya, dr. Kartono Muhamad : Pakar Ilmu Kesehatan dan Moderator Edy Putra Irawady SH, MAIT Depeuti Menko Perekonomian bidang koordinasi Industri & Perdagangan.


Harapan untuk Fakultas Ekonomi agar memiliki tenaga dosen yang kompeten dan dedikasi tinggi, sehingga melahirkan lulusan sbg generasi muda penerus bangsa, untuk siap pakai terjun dalam implementasi di masyarakat.

1 Comment:

Francisca Sestri said...

Tersanjung aku di masukkan Buletin Jafek, siapa menyusul?

Post a Comment