Segenap Redaksi Jafek Mengundang teman-teman alumi FE UNS untuk menjadi kontributor Jafek online, dengan cara mengirimkan alamat email ke jafekuns@gmail.com, atau mengisikannya ;ewat kolom comment di blog ini....Salam Sukses

Thursday, October 23, 2008

Tokoh


Prof. Dr. Tulus Haryono, MEk

Buletin Jafek Volome 3 Nomor 1 Edisi Oktober 2008 menokohkan salah satu alumni tebaiknya yaitu Prof. Dr. Tulus Haryono, MEk. Pak Tulus demikian sapaan akrabnya, saat Fakultas Ekonomi membuka program Doktor Ilmu Ekonomi (S3) dipercaya menjadi Direkturya. Lulus S1 Fakultas Ekonomi UNS, NIM F0276229 pada 31 Juli 1980 Jurusan Manajemen, kemudian melanjutkan S2 Pascasarjana di UGM lulus tahun 1989. Menyelesaikan Program S3 Pascasarjana di Universitas Brawijaya Malang lulus tahun 2005 bidang ilmu ekonomi, minat manejemen. Putra dari Bapak Toredjo (Alm) dan ibu Dinah dan dua-duanya buta huruf ini menyandang Professor pada tanggal 23 Desember 2006, di depan sidang senat terbuka UNS dengan pidato pengukuhan jabatan guru besar ilmu manajemen pemasaran pada FE UNS dengan judul “TELAAH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN JASA SERTA PENERAPANNYA DI SEKTOR PUBLIK DALAM MEMASUKI ERA REFORMASI”.

Melalui koresponden Solo, Hardo Samudro yang dikawal Gunawan Sakti, Redaksi mendapatkan laporan hasil wawancara dengan Pak Tulus antara lain menuturkan bahwa kedua Orang tuanya rela mengorbankan harta benda yang dimiliki untuk biaya sekolah, karena petuah orang tuanya adalah membekali anak dengan kepandaian / ilmu tidak akan ada habisnya dan akan lebih menjamin masa depan dibandingkan dengan membekali harta benda, karena harta benda akan habis. Sewaktu mudanya Pak Tulus juga ikut membantu ayahnya sebagai petani dan mempunyai motto hidup yang sangat sederhana yaitu bagaikan air mengalir, tidak perlu ambisius, karena dengan ambisius apabila tidak tercapai akan bisa frustasi. Karena semua tergantung dengan yang menata kehidupan di atas. Setelah kita berusaha dengan semangat, ulet, nekat dan selanjutnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Dana bukan satu-satunya untuk memperoleh kesuksesan, karena kalau tanpa ada semangat, keuletan dan kenekatan semua akan sia-sia.

Sebagai Dosen, Pak Tulus memiliki banyak karya dalam bidang Tri Dharma PT. Dalam Bidang Pendidikan sudah 15 buku yang ditulis utamanya Ekonomi Mikro dan belakangan buku pemasaran bahkan satu buku yang masih dalam proses penulisan adalah Manajemen Promosi. Dalam Bidang Penelitian sudah 30 judul yang dihasilkan baik sebagai ketua peneliti maupun sebagai anggota. Sedangkan dalam Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat lebih banyak melakukan kegiatan yang merupakan kerja sama dengan institusi lain. Pria yang pernah mendapat penghargaan antara lain sebagai Man & Woman of Year 2000 dari Yayasan PWI Jateng, Top Executive Award tahun 2002 dari Anugerah Prestasi Indonesia Jakarta (sedikitnya telah menerima 15 jenis penghargaan baik dari Pemerintah maupun lembaga swasta) ini pernah menjabat Direktur Akademi Akuntansi dan Perpajakan Bentara Indonesia Surakarta juga produktif dalam publikasi karya ilmiah baik di majalah dan jurnal terakreditasi maupun koran. Pak Tulus juga menjadi Anggota Team Assesor BAN PT Pusat sejak tahun 2005 hingga sekarang.

Prof Tulus Haryono lahir di Boyolali, 1 Agustus 1955 dan menikah dengan Dra. Sabar Mariati, MSi dan telah dikaruniai 2 anak yaitu Bambang Setyo Haryono, ST yang sekarang menjadi karyawan Bank Niaga di Jakarta dan Novita Haryono sekarang masih kuliah semester 7 di FISIP Atmadjaya. Tinggal bersama keluarga di Jl. Kartika I/06 Perum Wahyu Utomo, Palur, Karanganyar Telp (0271)8253535 dan HP 08122983520 serta E-mail: tulusfeuns@yahoo.com.

Ketika diminta tanggapan terhadap keberadaan Buletin Jafek, masukannya antara lain perlu adanya optimalisasi dengan pengurus masing-masing wilayah serta kerjasama dengan Fakultas. Buletin ini sangat baik untuk ajang komunikasi antar alumni maupun untuk alumni dengan Fakultas. Dengan terciptanya komunikasi ini diharapkan kesinambungan yang baik antar keduanya dan mungkin lebih ditingkatkan lagi dengan adanya usaha-usaha untuk menjadikan kebanggaan bagi para alumni. Selamat berkarya Pak tulus dalam mengemban Jabatan baru sebagai Direktur Program S3 FE UNS, semoga Tuhan selalu memberikan petunjuk dan bimbingan agar para alumni tambah bangga atas prestasi yang akan diraih–amin.


0 Comments:

Post a Comment